Nomor seri faktur pajak  merupakan nomor seri yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang diberikan kepada PKP dalam bentuk kumpulan angka. Dalam hal ini tentu saja tidak boleh sembarangan menginputkan kode seri nomor faktur pajak selain yang sudah ditentukan oleh DJP. Di zaman yang serba canggih ini terdapat nomor seri faktur pajak online yang tentunya memudahkan anda dalam permintaan NSFP.

 

Persyaratan Mendapatkan NSFP Online

Terdapat 16 digit kode yang tertera pada NSFP yang tentunya dalam setiap dikit punya makna tersendiri. Nah, di sisi lain karena sistemnya online berikut langkah-langkah meminta nomor seri faktur pajak  lewat e-Nofa.

  • Sudah Menjadi PKP, yang pertama wajib pajak harus sudah dikukuhkan sebagai PKP atau pengusaha kena pajak dengan omzet 4,8 miliar per tahun. PKP adalah sebutan untuk pengusaha yang menjual barang kena pajak atau BKP dan jasa kena pajak  atau JKP yang dikenakan pajak pertambahan nilai atau PPN. Simpelnya PKP adalah badan usaha ataupun perseorangan yang menjual barang yang sudah dikenakan PPN. Untuk mendapatkan PKP tidak hanya memiliki omset dengan nilai tertentu per tahun, tetapi juga harus lulus survei dari KPP atau KP2KP serta sudah melengkapi dokumen untuk pengajuan PKP.
  • Punya Sertifikat Elektronik Pajak, yang kedua untuk mendapatkan nomor seri faktur pajak  Anda juga harus telah memiliki sertifikat elektronik. Sertifikat ini punya masa berlaku yakni 2 tahun. Di dalam sertifikat elektronik ini terdapat tanda tangan dan juga identitas. Di mana identitas ini menunjukkan status subjek hukum para pihak yang melakukan transaksi elektronik. Sertifikat ini juga menjadi bukti otentik seorang PKP yang bisa menggunakan layanan pajak elektronik. Dengan sertifikat elektronik ini, Anda bisa mendapatkan layanan permintaan nomor seri faktur pajak lewat website DJP. Dan juga bisa melakukan akses ke sistem elektronik dan aplikasi yang sudah ditentukan oleh DJP untuk pembuatan e-faktur pajak.
  • Sudah Memiliki Kode Aktivasi dan Password, bagi seorang PKP yang membutuhkan nomor seri faktur pajak secara online maka harus memiliki kode aktivasi dan passwordnya yang diberikan oleh DJP.

 

Langkah-Langkah Mudah Untuk Mendapatkan Nomor Seri Faktur Pajak

Untuk mendapatkan nomor seri faktur pajak online caranya cukup mudah. Yakni :

  • Anda tinggal masuk dan login ke situs e-nofa online di efaktur.pajak.go.id/pkp/home
  • Setelah itu langsung masuk ke website dan klik tombol “Permintaan NSFP”
  • Anda langsung bisa memilih opsi sertifikat elektronik yang baru saja diimpor dari browser. Untuk catatan, sebelumnya Anda sudah melakukan impor sertifikat elektronik terlebih dahulu lewat menu “Pengaturan”. Lalu klik bagian “Kelola Sertifikat” dan klik “Impor” dan ikuti langkah selanjutnya sampai pengimporan sertifikat elektronik selesai dilakukan.
  • Setelah itu bisa langsung melakukan permintaan nomor seri faktur pajak.

 

Nah demikian langkah mudah untuk mendapatkan nomor seri faktur pajak  dari e-nofa lewat klikpajak. Tentunya dengan mendapatkan NSFP ini secara online memudahkan anda untuk membayar pajak lewat faktur yang ada. Dengan rincian biaya pembayaran pajak yang lebih akurat ini,  anda tidak perlu harus menghitung pajak yang harus anda bayarkan secara manual lagi.

Nah jika anda tertarik menggunakan program klikpajak agar pembayaran pajak online lebih mudah, bisa memilih versi demonya terlebih dahulu. Anda juga tidak perlu khawatir karena aplikasi e-nofa dari klikpajak ini di jual dengan harga yang cukup terjangkau dan hanya menunjukkan satu aplikasi untuk seluruh proses pembayaran pajak online.

By masbojo