Dalam rangka peringatan Asean Dengue Day 2022 kemarin, Enesis dan Kemenkes RI meluncurkan mobil edukasi keliling sebagai penunjang kampanye ‘Wujudkan Indonesia Bebas Dengue’, dengan masa puncak pada Hari Nyamuk Sedunia, 20 Agustus nanti.

Mobil tersebut nantinya akan berkeliling ke beberapa kota di Indonesia untuk memberikan edukasi terkait bahaya demam berdarah dengue atau DBD, penyebab dan cara penyebarannya. Acara seremonial pelepasan mobil edukasi tersebut dilaksanakan pada Selasa, 5 Juli 2022.

Berikut beberapa fakta terkait mobil edukasi keliling, dan demam berdarah di Indonesia yang dalam beberapa minggu kemarin sedang mengalami kenaikan.

1. DBD Mulai Melonjak Tinggi

DBD merupakan salah satu wabah tahunan yang sulit untuk dihilangkan. Untuk tahun 2022 ini saja, hingga minggu ke-23, masalah kesehatan terkait DBD di Indonesia mencapai angka 52.313 kasus, dengan jumlah kematian mencapai lebih dari 488 kematian.

Tidak hanya itu, penyebaran kasus DBD mengalami peningkatan secara merata di hampir seluruh wilayah Indonesia, terutama di wilayah pulau Jawa. Kondisi ini jelas mengkhawatirkan karena potensi lonjakan kasus bisa terjadi secara serempak.

2. Mobil Keliling Berikan Edukasi

Seperti dijelaskan di atas, kehadiran mobil edukasi keliling bertujuan agar masyarakat lebih memahami tentang demam berdarah dan bagaimana cara penyebarannya. Tidak hanya itu, di sini masyarakat pun akan mendapatkan pengetahuan bagaimana cara mencegah penyebaran DBD.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Enesis Indonesia, Ryan Tirta Yudhistira, menjelaskan jika mobil edukasi keliling tersebut merupakan buah dari kerjasama Enesis Group bersama Kemenkes RI, dengan misi utama untuk menggerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan PSN 3M Plus.

3. Dibagi Dalam Dua Tahap

Untuk tahap pertama, kegiatan tersebut akan digelar hingga September 2022 di beberapa kota yaitu, Cirebon, Bandung, Cirebon, Yogya, dan Malang. Sementara untuk tahap kedua, mobil keliling akan mulai beroperasi sejak September 2022 mendatang.

Dalam prakteknya, mobil edukasi keliling tersebut akan menyasar pasar-pasar, sekolah dasar, Rumah Sakit, MTI hingga Ibu-ibu PKK. Ryan menjelaskan jika mobil keliling tersebut akan mengunjungi 100 titik di seluruh Indonesia.

4. Uji Ampuh Nyamuk

Lebih lanjut lagi, kampanye tersebut akan diisi dengan banyak kegiatan positif dengan tujuan edukasi dan informasi terkait DBD, salah satunya ‘Uji Ampuh Nyamuk’ yang akan langsung diperagakan oleh aktivis sosial yang juga seorang aktris kenamaan, Jihane Almira.

Uji Ampuh Nyamuk tersebut bertujuan untuk memperlihatkan keampuhan Soffell dalam mencegah gigitan nyamuk. Bahkan kegiatan Uji Ampuh tersebut mendapatkan dukungan dan apresiasi langsung dari pihak Kementerian Kesehatan RI.

5. Punya Produk Pendukung Lainnya

Selain kampanye 3M Plus, kegiatan ini diisi juga dengan kampanye penerapan PHBS. Enesis Group punya banyak produk penunjang aktivitas tersebut, diantaranya Antis Hand Sanitizer yang bisa dijadikan sebagai alternatif mencuci tangan menggunakan sabun.

Selain itu, untuk mencegah infeksi demam berdarah, Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat, dan memenuhi kebutuhan serat harian dengan konsumsi Vegeta Scrubber, suplemen serat yang bersifat prebiotik, serta Amunizer untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

By masbojo