makanan sehat perlu disiapkan dengan seksama seperti mempertimbangkan kalori, manfaat bagi tubuh, takaran dan porsi adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Terutama kalau kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, mulailah dengan makan pagi yang benar dan tentu menyehatkan.

Makanan sehat Untuk Sarapan, apa yang bisa dikonsumsi?

Nutrisi yang harus ada pada menu sehat adalah makronutrien dalam jumlah besar sebagai sumber energi seperti protein dan karbohidrat. Satu lagi adalah mikronutrien sebagai gizi tambahan yang mendukung kinerja tubuh seperti vitamin dan mineral ke tubuh dalam jumlah Berikut adalah menu makan pagi yang bisa kamu contoh [2].

1. Berbagai jenis kacang

Riset membuktikan konsumsi kacang-kacangan seperti almond atau walnut bisa menurunkan berat badan signifikan. Perbedaan dapat dilihat dari lingkar badan. Perlu diingat untuk takaran aman cukup 28 gram kacang-kacangan saja untuk sarapan. Ide menu makanan sehat bisa dengan mencampur yogurt dengan kacang, buah atau granola [1].

2. Biji – bijian

Serat adalah bahan makanan sehat yang bisa mencegah kamu cepat lapar dan memberikan sensasi kenyang lebih lama. Biji rami dapat menyerap air serta menjadi gel yang membersihkan kotoran dalam usus serta membantu sistem pencernaan. Biji chia adalah pilihan lain yang juga kaya serat dan menekan hormon ghrelin yang menyebabkan rasa lapar  [3]. .

3. Oatmeal

Selain makanan yang sehat, pilih juga yang menenangkan perut mulai dari mudah dicerna, memiliki gizi yang bisa disalurkan keseluruh tubuh dan membuat tubuh lebih ringan. Oatmeal adalah pilihan sarapan pagi yang tepat karena kaya nutrisi dan juga membuat perut lebih mudah mencerna dibandingkan makanan berproses atau terlalu pedas, berminyak atau berlemak [2].

4. Teh hijau

Diet yang paling penting adalah memperhatikan nutrisi makanan sehat yang masuk dalam tubuh. Salah satunya adalah minuman yang bisa meluruhkan lemak seperti teh hijau.Riset menunjukkan dalam waktu 30 menit setelah minum teh hijau bisa memulai proses pembakaran lemak sebanyak 17 persen. Secara jangka panjang akan merasakan perbaikan metabolisme dan menunjang pembakaran kalori. Kamu bisa meminumnya di pagi atau sore hari sambil bersantai dan menikmati cemilan sehat. [1].

5. Buah – buahan

Tidak bisa dipungkiri kalau definisi makanan sehat tidak dapat dipisahkan dari buah. Kiwi mengandung kalium dan vitamin C lengkap dengan serat yang membantu sistem pencernaan. Pisang rendah kalori dan memberikan rasa kenyang lebih lama. Pilihan lain adalah jenis beri, seperti blueberry, strawberry, blackberry yang kalorinya kurang dari 133 dan cocok untuk dijadikan menu sarapan dengan yogurt [1].

6. Telur

Kandungan protein dalam telur dapat memenuhi kebutuhan energi untuk memulai hari. Jumlahnya tidak terlalu banyak yang bisa membuat kamu terlalu kenyang atau mengantuk. Telur rebus adalah pengolahan yang lebih sedikit kalorinya dibandingkan digoreng. Jadi, kamu dapat memilih penyajiannya, apakah ingin telor yang rendah kalori atau yang kalorinya lebih besar karena digoreng, atau di dadar.

7. Air Putih 

Cairan adalah pelengkap dari makanan sehat yang kamu jalani. Walau makanan sudah terjaga, kadang saat memilih minuman, orang tergoda untuk sesuatu yang manis atau berasa. Padahal, air putih yang alami dengan mengandung mineral bisa jadi pelengkap yang bernutrisi yang bahkan bisa disamakan layaknya minum susu atau jus buah. [2]

 

Tak ada makanan spesial yang dapat membuat kamu lebih sehat tanpa diikuti dengan gaya hidup yang sehat pula. Perhatikan makanan, pilihan minuman dan juga olahraga untuk melengkapinya. Mulai dengan menerapkan sarapan sehat yang merupakan waktu makan paling penting dalam sehari.

 

Selalu sediakan minum air putih yang berkualitas, praktis dan juga bergizi untuk melengkapi pola makan di pagi hari yang sudah tertata dan dipikirkan nutrisinya dengan seksama. Kamu bisa menyediakan AQUA galon di rumah untuk diminum kapan saja baik, pagi, siang, maupun malam.

 

AQUA adalah merek air mineral dalam kemasan yang dibuat secara canggih tanpa bersentuhan dengan tangan. Jadi, kandungan mineralnya dipastikan higienis dan sehat. Berbagai kelebihan AQUA menjadikannya merk kepercayaan untuk memenuhi kebutuhan air minum kamu dan keluarga.

 

Sehat yang dapat dirasakan untuk jangka panjang adalah komitmen AQUA dalam menjalankan usahanya. Sumber air diteliti secara intensif oleh para ahli dan diperhatikan ekosistemnya sehingga tidak terganggu. AQUA juga memikirkan pengolahan sampah plastik yang dihasilkan karena kemasannya.

 

Selenium, kalium, kalsium dan mineral lainnya adalah beberapa kandungan mineral yang dipastikan ada dalam tiap kemasan produk AQUA. Jumlahnya dipilih dalam takaran yang pas sehingga memberikan nutrisi bagi tubuh, tidak kurang dan tidak berlebihan. Dengan demikian, minum AQUA setiap hari, khususnya untuk alasan kesehatan adalah pilihan yang tepat.

 

Mulai dari pemilihan mata air yang sehat sampai air kemasan dikonsumsi oleh konsumen. Keseluruhan proses tersebut diperhatikan dan diawasi dengan ketat. Dengan demikian, hanya produk AQUA terbaik yang akan dinikmati pembeli.

 

Itulah mengapa kamu disarankan untuk memilih AQUA untuk melengkapi makanan sehat agar benar-benar memberikan pengaruh yang efektif dan efisien. Dengan demikian kamu akan memperoleh berat badan yang ideal serta kesehatan yang membuat kamu berenergi dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

 

  1. https://www.sehatq.com/artikel/ide-sarapan-pagi-untuk-diet-yang-menyehatkan
  2. https://www.alodokter.com/contekan-menu-diet-sehat-untuk-santap-pagi-siang-dan-malam-hari
  3. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3625178/7-menu-sarapan-terbaik-untuk-orang-yang-sedang-diet

By masbojo