Jika ada yang bertanya apa itu sukuk, istilah ini merujuk pada investasi berbasis syariah. Jika anda ingin melakukan investasi yang aman dan sesuai syariah, maka bisa memilih sukuk. Saat seorang muslim melakukan investasi tentu ingin berinvestasi secara syariah. Namun ada beberapa instrumen yang harus dipenuhi agar bisa investasi melalui cara Syariah.

Apa Itu Sukuk

Secara garis besar, sukuk adalah bentuk kemandirian finansial negara yang dilakukan dengan adanya peranan masyarakat. Masyarakat akan membantu untuk membiayai pembangunan negara dan juga mengurangi utang negara dari luar negeri. Sukuk memberikan solusi lain, daripada Anda harus berhutang.

Tenang saja, untuk pembelian sukuk maka pemerintah sudah menunjuk bank syariah dan juga bank konvensional untuk perizinan dan penjamin efek dari pengawas pasar modal agar bisa melakukan penjualan sukuk. Jadi bisa dibilang, saat ini sukuk adalah salah satu instrumen investasi pilihan dengan menggunakan kaidah syariah kontemporer.

Banyak yang yang mengatakan bahwa sukuk sama dengan obligasi. Padahal sangat berbeda, karena sukuk adalah surat berharga yang menunjukkan bahwa penyertaan kepemilikan atas suatu aset dimiliki perusahaan dan tidak diakui sebagai hutang.

Sukuk ini bahkan sudah ada penerbitan fatwa MUI oleh dewan syariah nasional. Bentuk asli dari sukuk juga sudah jelas dan bisa dipertanggungjawabkan. Sukuk ini merupakan investasi yang punya konsep bagi hasil dari hak kepemilikan aset sementara pada obligasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari bunga atau kupon.

Untuk tujuan dari sukuk sendiri adalah melakukan perluasan jaringan sumber pembiayaan anggaran negara. Selain itu tujuannya tentu mengembangkan pasar uang syariah, diversifikasi berbasis investor SBN dan juga mengembangkan pilihan usulan investasi.

Dengan memilih sukuk, anda di masyarakat mampu memaksimalkan pemanfaatan barang yang dimiliki negara, membantu peningkatan tertib administrasi dan juga pengelolaan barang milik negara. Dana sukuk bisa dimanfaatkan dalam perbankan konvensional.

 

 

Sekarang tentu anda sudah tahu apa itu sukuk. Bagi yang tertarik untuk melakukan investasi berbasis syariah ini, tentu saja harus memahami lebih lanjut tentang sukuk. Supaya bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi sukuk.

By masbojo