Pipa air panas biasanya dibutuhkan untuk kebutuhan saluran air rumah tangga apalagi saat cuaca dingin. Air panas menjadi alternatif untuk menghangatkan tubuh ketika mandi. Agar anda tidak perlu repot untuk merebus air panas hingga mendidih, kini banyak orang memilih cara yang lebih modern yaitu memasang instalasi pemanas air di rumah.

Tentu dalam prakteknya Anda membutuhkan pipa air yang mampu menahan panas dengan tekanan tinggi. Nah saat pemasangan instalasi air panas ternyata ada beberapa poin yang perlu diperhatikan.

 

 

1. Penentuan Titik Keran

Jenis pipa air panas yang biasanya digunakan adalah pipa PPR dari bahan thermoplastik. Nah ketika melakukan pemasangan, sebaiknya waktu instalasinya bersamaan dengan memasang instalasi air bersih. lalu kemudian tentukan titik keran yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja Anda membutuhkan air panas umumnya di kamar mandi, dapur dan juga wastafel. lalu kemudian tentukan di mana titik penempatan alat pemanas air. pentingnya penentuan titik keran berpengaruh pada kebutuhan pipa instalasi air dan juga jalur instalasinya.

 

2. Menentukan Model Pipa Air Panas

Ternyata dalam memasang saluran air panas Anda harus memperhatikan model alat pemanas. Jika memang hanya membutuhkan air panas untuk mandi dan juga wastafel maka anda hanya membutuhkan tangki dengan kapasitas 10 liter. Namun jika di rumah Anda membutuhkan banyak titik keran maka tangkinya juga harus lebih besar. Sebaiknya tangki alat pemanas diletakkan di luar ruangan karena cukup berbahaya jika berdampingan dengan pemanas gas.

 

3. Pemilihan Pipa Untuk Saluran Instalasi

Hal lain yang harus anda perhatikan ketika memilih pipa air panas adalah pemilihan jenis pipanya dan juga kualitasnya. Rucika Kelen Green memiliki pipa dengan bahan polypropylene random type 3 atau yang disebut dengan PPR. Tipe ini punya keunggulan yaitu dari sistem penyambungannya dengan heat fusion. Lalu kemudian hasil penyambungan dari pipa lebih kuat karena senyawa atau homogen.  Selain itu pipa juga bebas dari kebocoran dan perawatan dan menariknya lagi pipa ini bisa tahan hingga 50 tahun serta dirancang untuk berbagai sistem sanitary. Mulai dari untuk perumahan, rumah sakit, industri besar, hotel, apartemen, sistem air minum, green house dan juga sistem transportasi asam.

 

4. Tips Menghilangkan Pipa

Pemasangan instalasi pipa dilakukan setelah pemanas terpasang di dinding. Lalu setelah itu pemanas dihubungkan ke instalasi air. Anda bisa menyambungkan lubang input pada pipa instalasi penyuplai lalu lubang outputnya ke pipa instalasi air panas. Ada baiknya anda memilih pipa yang fleksibel agar saat pemasangan lebih mudah dan praktis. Anda juga disarankan untuk memasang keran di atas kedua pipa.

 

Demikian beberapa tips dalam instalasi pemasangan pipa air panas. Namun bagi Anda yang memang bukan ahli di bidang perpipaan maka bisa menggunakan jasa pemasangan pipa untuk melakukan pekerjaan tersebut. Masalah pembelian pipa Anda sebaiknya percayakan hanya pada Rucika. Karena perusahaan pipa ini menjual beragam pipa salah satunya untuk kebutuhan air panas dan juga kebutuhan saluran air lainnya. Anda akan mendapatkan harga pipa terjangkau dengan kualitas terbaik di sini. Rucika juga memastikan bahwa pipa yang dijual sudah dilengkapi dengan standar SNI. Bahkan perusahaan pipa ini sudah dipercaya untuk mengerjakan proyek-proyek pipa besar seperti di hotel, perumahan, mall, apartemen dan masih banyak lagi.

 

By masbojo