Ada banyak alasan yang mengharuskan seseorang untuk menjalani fisioterapi, yaitu salah satu metode pengobatan untuk mengatasi beberapa jenis penyakit. Pada dasarnya fisioterapi ini sendiri memang bukan pengobatan utama, melainkan dijadikan sebagai pendukung untuk memulihkan kondisi pasien. Sebut saja diantaranya adalah pada pasien penyakit stroke dan juga pasca mengalami operasi. Khusus untuk tempat yang menyediakan layanan fisioterapi ini sendiri juga banyak, bahkan tak hanya rumah sakit besar.

 

Berbicara mengenai fisioterapi ini sendiri pada dasarnya memang ada begitu banyak manfaatnya. Mulai dari mengurangi rasa nyeri atau sakit, memulihkan kembali bagian tubuh yang bermasalah sampai dengan dapat mencegah terjadinya kecacatan fisik secara permanen. Sebut saja pada penderita stroke, dimana serangan penyakit ini memang kerap kali memicu kelumpuhan. Baik itu kelumpuhan sebagian sampai dengan kelumpuhan seluruh anggota tubuh, sehingga tidak mampu melakukan apapun.

 

Bagi Anda yang tengah mencari lokasi fisioterapi di Jakarta, karena memang ada begitu banyak, agar Anda tidak menyesal. Maka penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini terlebih dahulu, diantaranya adalah:

 

  1. Fasilitas, memilih tempat untuk menjalani fisioterapi, maka jangan yang asal-asalan. Melainkan carilah yang dibekali dengan fasilitas penunjang secara lengkap. Patut untuk diketahui bahwa fisioterapi ini terbagi atas beberapa jenis berbeda, mulai dari yang konvensional seperti dengan pijatan, sampai dengan menggunakan alat-alat kedokteran. Agar hasilnya lebih optimal, maka pastikan tempat yang Anda pilih tersebut sudah menyediakan fasilitas secara lengkap.
  2. Lokasi, sebaiknya pilih yang lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, ada beberapa alasannya. Selain berhubungan dengan biaya transportasi yang harus Anda keluarkan. Sebenarnya semakin jauh lokasi tersebut juga akan mempengaruhi kondisi pasien. Dimana nantinya pasien pastinya juga akan mudah lelah untuk menuju tempat tersebut. Untuk itulah utamakan tempat yang paling dekat dengan rumah Anda.
  3. Layanan, belakangan ini jika dilihat memang ada begitu banyak fisioterapi yang tak sekedar menawarkan layanan secara langsung saja, melainkan juga adanya layanan yang bisa datang ke rumah. Hal ini pastinya semakin menguntungkan bagi pasien bukan. Karena mereka jadi lebih praktis tak perlu kemana-mana. Melainkan nantinya tenaga medis atau fisioterapis inilah yang justru akan datang ke rumah dan memberikan pelayanan. Lebih aman apalagi di masa pandemi virus Corona seperti sekarang ini.
  4. Harga, tarif layanan ini juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan, pasalnya berbeda rumah sakit atau klinik, maka nantinya tarif setiap sesi juga akan berbeda-beda. Jika seandainya budget Anda terbatas maka ada baiknya untuk memilih yang tarif layanannya murah. Apalagi untuk fisioterapi ini memang tak cukup dilakukan sekali, melainkan berkali-kali.
  5. Pembayaran, ketahui juga apakah pembayarannya hanya dapat dilakukan secara tunai, atau bisa dilakukan dengan klaim asuransi kesehatan maupun BPJS kesehatan. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan yang paling ringan. Apalagi jika seandainya Anda juga termasuk sebagai pengguna asuransi. Tentunya akan lebih ringan dengan mengajukan klaim bukan.

 

Itulah setidaknya 5 pertimbangan penting yang harus Anda pikirkan baik-baik. Jika seandainya sedang mencari tempat fisioterapi di Jakarta. Patut untuk diketahui juga bahwa jenis pengobatan semacam ini tidak cukup dilakukan sekali, melainkan harus berkali-kali jika seandainya ingin hasil yang optimal. Sehingga pasien dan juga keluarga juga harus telaten dalam membantu.

 

By masbojo