Perkembangan anak paling mudah dikenali lewat umurnya. Karena setiap tahapan akan memiliki karakter berbeda beda dimulai sejak anak bayi sampai fase pertumbuhan. Pertumbuhan anak banyak dipengaruhi oleh yang namanya lingkungan. Untuk yang penasaran dengan tahapan perkembangan anak menurut umur simak berikut ini.

1.  Usia 1-4 Tahun

Dari anak usia 1 sampai 4 tahun maka akan lebih berkembang pada fisiknya. Selain itu perkembangan juga terlihat pada emosional dan kognitif. Keterampilan motorik anak juga bisa terlihat punya perkembangan karena anak lebih mudah eksplorasi tempat-tempat di sekitar rumahnya.

2. Usia 5-6 Tahun

Selanjutnya ketika anak memasuki usia 5-6 tahun maka anak masuk ke tahap perkembangan sosial dan emosional. Di sini anak akan mulai belajar memahami karakteristik teman sebaya dan juga lingkungannya. Anak mungkin akan susah untuk mengendalikan emosi maka perlu bantuan dari orang tua. Jangan terbiasa memarahi anak karena akan membuatnya jadi susah bersosialisasi.

3. Usia 7-12 Tahun

Pada usia ini tentu anak akan memiliki perkembangan yang semakin banyak karena sudah memasuki usia hampir pra remaja. Anak juga akan semakin kritis dan mungkin sudah akan melakukan protes ketika diperintah oleh orang tuanya.

4. Usia 13-15 Tahun

Masuk ke usia ini maka anak akan memasuki tahapan pra remaja di mana orang tua akan menjumpai anak sudah mulai puber. Selain itu, perkembangan fisik anak juga akan terlihat. Anak perempuan akan mengalami pubertas lebih dulu dibanding laki-laki dan efeknya pada pertumbuhan fisik anak.

5. Usai 16 Tahun Ke Atas

Di usia maka anak sudah masuk ke tahap usia remaja di mana pertumbuhan fisiknya akan semakin meningkat. Dari sisi emosional, anak sudah bisa punya pengontrolan yang lebih baik dan juga sudah memiliki sedikit rasa tanggung jawab.

Itu tadi tahapan perkembangan anak menurut umur yang bisa anda pelajari. Apalagi untuk Anda yang memang baru memiliki anak pertama, mengetahui tahapan usia seperti ini tentu saja sangat penting. Setelah mengetahui tahapan perkembangan anak menurut usianya, Anda juga akan lebih tahu bagaimana pola asuh yang bisa dipilih berdasarkan usia anak yang tentunya akan berbeda-beda sesuai tingkatan umurnya.

By masbojo