Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang paling menyusahkan. Bagaimana tidak, bila masalah kulit kepala ini sudah menyerang maka akan terasa gatal diseluruh bagian kulit kepala. Belum lagi ketombe juga cukup mengganggu penampilan seseorang. Nah salah satu solusi untuk kulit kepala ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe. Namun memilih shampo untuk menghilangkan ketombe tentu saja bukan perkara gampang.

Karena ada kalanya, sudah memilih shampo dengan kandungan anti ketombe tapi tetap saja ketombe muncul. Lalu apa yang harus dilakukan untuk memilih shampo anti ketombe yang tepat?

  • Pilih yang ada kandungan amino acid, ketika anda memutuskan untuk memilih shampo menghilangkan ketombe maka pilih yang punya kandungan amino acid. Lihat label kemasan Apakah sampo sudah mengandung beberapa kategori amino acid. Seperti misalnya glycine, lysine, alanine dan glutamic acid. Amino acid sendiri merupakan kandungan deterjen pada shampo namun punya dosis yang rendah. Hal ini membantu memberikan stimulus yang rendah ke kulit kepala, jadi sangat aman bagi kulit kepala yang bermasalah. Apa untuk bisa memilih shampo anti ketombe dengan kandungan alkohol yang tinggi seperti misalnya sodium laureth sulfate. Namun kandungan alkohol ini kerap membuat iritasi bagi kulit kepala yang sensitif. Jadi pastikan kulit kepala anda tidak sensitif ketika memilih shampo dengan kandungan alkohol yang cukup tinggi.
  • Gunakan yang ada kandungan medicated, jika produk penghilang ketombe mengandung amino acid belum membuahkan hasil signifikan pada kulit kepala maka bisa memilih shampo medicated. Sampo dengan kandungan medicated khusus untuk pengobatan kulit kepala misalnya ketombe. Shampo jenis ini punya kandungan disinfeksi dan sterilisasi. Kandungan Bahan aktif yang termasuk dalam sampo medicated misalnya salicylic acid, glycyrrhizic acid, ketoconazole hingga pyrithione dan lain-lain.
  • Jangan gunakan shampo dengan silikon, sebaiknya anda jangan memilih shampo untuk menghilangkan ketombe dengan kandungan silikon. Kandungan silikon ini punya sifat yaitu membuat kulit kepala jadi kering. Ketika keadaan kulit kepala terus menerus kering maka bisa menyebabkan ketombean. Bedanya shampo, conditioner yang punya kandungan silicon juga sebaiknya dihindari.
  • Pertimbangkan dengan kondisi kulit kepala, ketika memilih obat ketombe berbentuk shampo Anda juga harus perhatikan kondisi kulit kepala. Jika anda punya kulit kepala yang cenderung kering maka harus memilih shampo yang punya kandungan melembabkan. Kulit kepala kering hindarkan shampo anda dari kandungan volumizing dan fortifying strengthening. Sementara untuk kulit kepala yang cenderung berminyak maka anda harus memilih shampo yang tidak punya kandungan pelembab, apa bisa juga memilih shampo yang punya efek menyegarkan dan mampu membuat kulit kepala bersih secara maksimal.
  • Pilih shampo berdasarkan rekomendasi, Anda juga bisa menggunakan shampo anti ketombe berdasarkan rekomendasi dari para beauty blogger, influencer hingga teman dekat. Karena memang masalah ketombe ini susah susah gampang untuk menyembuhkannya. Jadi, Apa salahnya mencari rekomendasi dari orang yang benar-benar sudah mencoba sebuah produk shampo anti ketombe.

 

 

Demikian beberapa tips dalam memilih shampo untuk menghilangkan ketombe. Anda juga perlu ketelatenan dalam merawat rambut setelah ketombe hilang nantinya. Karena ketika ketombe kembali lagi tentu sangat merepotkan dan sangat mengganggu penampilan sehari-hari.  Nah salah satu shampo yang juga direkomendasikan sejak zaman dahulu untuk permasalahan ketombe adalah Clear. Anda bisa mengandalkan shampo Clear Anti Ketombe, untuk menghalau ketombe dan membuatnya tidak balik.

By masbojo