Ingin melepaskan penat dengan bersantai? Mungkin staycation bisa menjadi alternatif pilihanmu. Berlibur tanpa meninggalkan kota atau staycation ini bisa kamu lakukan dengan bersantai di hotel dalam sehari atau lebih. Entah itu nantinya hanya untuk me time seharian di kamar ditemani daftar film tontonan, ataupun berjalan-jalan dan mencoba berbagai macam fasilitas menarik yang disediakan hotel.

Di Bandung sendiri, sudah banyak hotel untuk staycation yang bisa dikunjungi. Tenang, tidak semua staycation membutuhkan biaya mahal, kamu bisa menerapkan tips staycation hemat untuk mengatasi masalah tersebut. Apa saja tips tersebut? Berikut informasinya:

1. Cari Informasi Harga Hotel

Tips staycation Bandung yang pertama adalah dengan mencari informasi hotel di Bandung yang murah. Informasi ini bisa berupa harga satu kamar per malamnya, fasilitas, daya tariknya, hingga ulasan dari para pengunjung lain. Pastikan kamu memilih hotel dengan harga terjangkau, namun juga kualitasnya terjamin serta fasilitas yang memadai.

2. Bandingkan Harga di Beberapa Platform

Setelah mencari informasi hotel di google ataupun sosial media, tips staycation hemat di Bandung yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah membandingkan harga di beberapa platform. Sekarang ini ada banyak platform pemesanan hotel online yang bisa kamu akses, dari mulai berupa website hingga aplikasi. Bandingkan harga di semua platform dan pilih yang paling murah.

3. Cari dan Tanyakan Promo

Dalam membandingkan harga, kamu juha bisa nih sekaligus mencari promo yang tersedia. Beberapa platform pemesanan hotel di Bandung online biasanya juga menawarkan promo diskon dengan syarat dan ketentuan tertentu. Bijaklah dalam memilih promo di platform online, karena tak jarang promo tersebut hanya sebagai iklan belaka. Selain mencari di platform online, kamu juga bisa menanyakannya langsung ke resepsionis hotel, karena tak jarang promo tersebut memang disediakan khusus untuk pemesanan langsung dan tidak tercantum di plao online manapun.

4. Bawa Makanan atau Cemilan dari Rumah

Tips staycation hemat di Bandung berikutnya adalah membawa makanan atau cemilan secara mandiri. Dengan membawa makanan dari rumah, kamu bisa menekan pengeluaranmu untuk urusan perut, sehingga tidak boros dan tetap hemat. Apalagi, jika tujuan staycation hanya untuk me time di dalam kamar, tips ini akan menjadi langkah yang tepat.

5. Manfaatkan Fasilitas dan Layanan Gratis

Tips selanjutnya adalah memanfaatkan fasilitas dan layanan gratis yang diberikan pihak hotel. Fasilitas dan layanan tersebut misalnya disediakan kopi, teh, gula di dalam kamar beserta air panasnya, sarapan pagi gratis dari hotel, dan masih banyak lagi. Tak jarang, beberapa hotel juga menyediakan laundry gratis, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk mencuci baju kotor sisa staycationmu.
Demikian, beberapa tips staycation hemat di Bandung yang bisa membantu dan dapat kamu terapkan jika hendak berstaycation. Tips ini juga bisa diterapkan di kota-kota lainnya, ya, sob!

By masbojo